Jumat, Oktober 18, 2019

7 Fakta Menarik Tentang Kanguru Papua

Must Read

7 Tempat Wisata Populer Di Jerusalem

pacebro - Sejak ribuan tahun lalu Jerusalem sudah menjadi kota tua yang paling diperebutkan oleh bangsa-bangsa di dunia. Perebutan Jerusalem...

7 Hal Wajib Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata

Kamu tentu tidak ingin sedih dan melewatkan momen indah, ketika tongsis alias tongkat narsis lupa saat sampai di tujuan wisata.

Uniknya Danau Karst Ayamaru

Tidak banyak orang yang mengenal Danau Ayamaru. Terlebih lokasinya yang tersembunyi di wilayah Kepala Burung Papua, atau lebih dikenal...

Anda pernah lihat atau tidak, Kanguru ternyata tidak hanya terdapat di Autralia saja. Di Papua, juga ada Kanguru, spesies yang mempunyai ciri khas kantung di perutnya (Marsupialia).

Kanguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kanguru Australia. Kanguru Papua ini mulai langka sehingga termasuk binatang (satwa) yang dilindungi dari kepunahan.

Kanguru Papua terdiri atas dua genus yaitu dendrolagus (Kanguru Pohon) dan thylogale (Kanguru Tanah).

Kanguru pohon sebagian besar masa hidupnya ada di pohon. Sekalipun begitu satwa tersebut juga sering turun ke tanah, misalnya bila sedang mencari air minum. Moncong kanguru pohon bentuknya lebih runcing jika dibandingkan dengan moncong kanguru darat. Ekornya agak panjang dan bulat, berbulu lebat dari pangkal sampai ekornya. Sedangkan pada kanguru darat kedua kaki depannya lebih pendek dari pada kaki belakangnya, Cakarnya pun lebih kecil. Moncongnya agak tumpul dan tidak berbulu. Ekornya makin meruncing ke ujung, bulunya tidak begitu lebat.

- Advertisement -

Berikut fakta menarik tentang kanguru Papua yang pacebro bahas, silahkan disimak:

  • Kanguru yang ada di Papua dikenal dengan sebutan Kanguru Tanah. Secara umum ada 3 jenis Kanguru Tanah, yaitu Thylogale brunii (Dusky Pademelon), Thylogale stigmata (red-legged pademelon) dan Thylogale brownii (Brown’s pademelon).
  • Thylogale brunii (Dusky Pademelon) merupakan jenis Kanguru terkecil yang ada di dunia. Berat Kanguru dewasa mencapai 3 – 10 kilogram.
  • Panjang tubuh Thylogale brunii (Dusky Pademelon) bisa mencapai 90 cm. Dan Lebar tubuh Thylogale brunii (Dusky Pademelon) bisa mencapai 50 cm.
  • Kanguru asli Papua ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1711 melalui lukisan karya pelukis Belanda, Cornelis de Bruijn.
  • Spesies Kanguru Tanah ini hanya ada di 2 wilayah di daratan New Guinea, Tanah Papua dan Papua Nugini.
    Dalam 15-20 tahun terakhir, tercatat oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) populasi Kanguru Tanah ini menurun hingga 30 persen setiap tahun.
  • Lamanya seekor Kanguru Tanah berada dalam kantung induknya sebelum dianggap dewasa bisa mencapai 12 bulan.
  • Kematangan sexual Kanguru Pohon dicapai saat berusia 15 bulan. Dan Usia hidup seekor Kanguru Pohon di alam liar diperkirakan mencapai 6 tahun saja.
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

video

Suku Huli; Merias Tubuh Untuk Kesadaran Akan Identitas

Orang Huli terkenal karena sifatnya yang suka berperang, agresif, dan hiasan wajahnya serta kostum yang dekoratif selama pertempuran.
video

Peduli Tragedi Nduga dan Wamena, Tim Persipura Bagi-bagi Ribuan Bunga

"Filosofinya kenapa harus bunga, air mineral dan pembatas buku, karena masing-masing benda tersebut memiliki lambang dan makna tersendiri," Kata Jaksen F Tiago.

Persipura Tidak Akan Bermarkas Di Jayapura Hingga Liga 1 Usai

Proses renovasi Stadion Mandala diperkirakan akan selesai pada bulan Desember mendatang
video

Kasuari Burung paling mematikan di dunia, Pria ini dianiaya hingga tewas

Jika berbicara tentang burung paling berbahaya, mungkin beberapa orang akan membayangkan burung elang emas atau burung condor. Dengan kemampuannya menyerang mangsa dan ukurannya yang besar...

Ritual Kematian Orang Anga di PNG, Dibiarkan Terbuka Untuk Cium Aroma Kematian

Mayat-mayat ini dilestarikan dengan teknik tingkat tinggi, dengan ketelitian dan persiapan.

More Articles Like This