The news is by your side.

7 Tempat Wisata Menarik di Papua Selain Raja Ampat

1.276

Jika anda terus bayangkan Papua hanya punya raja Ampat? salah.. Papua menyimpan banyak tempat wisata mengagumkan yang layak menjadi pilihan destinasi liburan.  Ada apa saja tempat wisata di Papua?  Dari pesisir pantai yang berkilau hingga gunung bersalju, silahkan disimak.

1. Pulau Rumberpon

Jika Raja Ampat dijuluki surga besar, maka Pulau Rumberpon adalah surga kecilnya. Terletak di Teluk Wondawa, wisatawan harus menaiki speedboat selama 5 jam dari Manokwari, Papua Barat.

Tapi tidak usah khawatir. Setelah sampai di pulau ini, wisatawan tidak akan menyesal. Dikeliling pantai berpasir putih yang bernama Pantai Panjang, pulau ini juga dihiasi pohon magrobe dan padang ilalang.

Warna air laut yang biru ditambah terumbu karang yang sebesar luas, wisatawan bisa bisa melakukan segala jenis kegiatan air seperti menyelam, scuba diving, ski air, sampai berselancar.

Di area pulau ada banyak homestay yang bisa didatangi. Jika bosan dengan bermain air, wisatawan bisa melihat-lihat satwa yang bebas berkeliaran seperi burung rusa, elang laut, dan masing banyak lagi.

2.  Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Luasnya mencapai 1.453.500 hektar dan 90 persen di antaranya berupa perairan. Lokasinya berada di dua kabupaten yaitu Wondama dan Nabire.

Sejak diresmikan tahun 1993, ada kurang lebih 200 terumbu karang, 196 moluska, 209 jenis ikan, 5 jenis reptil, 37 jenis burung, dan 183 fauna darat.

Selain bisa menikmati alam bawah lautnya, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil yang tersebar di Taman Nasional ini seperti Pulau Mioswaar, Pulau Yoop, Pulau Numfor, dan masih banyak lagi.

3. Lembah Baliem

7A7T2444 (Medium)

Luasnya sekitar 80 km dan menampung 100.000 jiwa. Dengan ketinggian1.600 meter di atas laut, suhu di lembah ini mencapai 10-15 derajat Celcius di malam hari.

Setiap bulan Agustus, diadakan Festival Lembah Baliem. Ini menjadi cara pemerintah untuk menyatukan suku-suku di Papua. Jika sedang ada festival, dijamin lokasi sekitar lembah akan penuh dengan wisatawan.

4. Danau Sentani

Jika di Sumatera ada Danau Toba, di Papua ada Danau Sentani. Danau ini berada 50 km dari pusat kota Jayapura. Ini merupakan danau terluas dan terbesar di Papua dengan luas 9000 hektar lebih.

Ada 22 pulau kecil dan 24 desa yang mengelilingi danau Sentani ini. Dengan latar cagar alam penggunungan Cyclops di sebelah utara, danau ini memiliki keindahan alami.

Dalam danau ini ada sekitar 30 spesies ikan air tawar. Setiap tahunnya, tepatnya bulan Juni akan ada Festival Danau Sentani. Akan ada atraksi dari suku-suku lokal, tarian khas Papua, sampai kegiatan lainnya

5. Pegunungan Cartenz Yang Bersalju

 

The Jayawijaya - Carstenz Pyramid summit

Pegunungan salju tropis legendaris ini terletak di tengah-tengah hutan tak berujung di Tanah Papua. Dari tiga puncak yang ada di deretan pegunungan ini, hanya Carstensz Piramid yang memiliki salju.

Meskipun puncak salju tidak terlalu tinggi dan terletak 4 derajat selatan khatulistiwa, namun puncak ini memiliki empat gletser yang relatif besar. Yang terbesar dari puncak ini disebut Meren Glacier. Puncak ini sering disebut juga Puncak Jaya, karena sudah lama dianggap sebagai puncak tertinggi Papua.

Puncak Cartenz terletak di ketinggian 4.884 dpl (4.884 km di atas permukaan laut), sedangkan dunia mengakui tinggi Puncak Cartenz adalah 5030 m. Luas gletser yang menutupi Puncak Cartenz mencapai 13 km persegi.

Apakah Anda tertarik?

6. Danau Paniai

Danau Paniai (Filkr)

Danau ini menyajikan panorama alam yang benar-benar memukau. Bagaimana tidak, Terdapatnya bebatuan dan pasir di tepian danau, serta dikelilingi oleh tebing-tebing yang lumayan tinggi, menambah daya tarik objek wisata andalan Kabupaten Paniai ini, alamnya yang hijau, air danau yang biru, ditambah dengan keramahan warga lokal, membuat siapa saja yang berkunjung kesana akan betah berlama-lama. Menariknya lagi, di sekitar danau tersimpan Nilai-nilai seni budaya masyarakat setempat yaitu seni budaya Suku Mee dan Suku Moni. Mungkin hal ini pula yang membuatnya terkesan unik di mata pelancong dunia.

Danau Paniai juga menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang. Ikan nila, ikan mujair, ikan mas/ikan karper, ikan sembilan hitam, dan ikan belut. Ada pula ikan pelangi merupakan biota Danau Paniai yang sering dicari oleh para nelayan dan para pecinta ikan hias karena bernilai ekonomi tinggi. Jika anda beruntung, anda bisa melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii).

Selain menikmati indahya panorama alam Danau Paniai, anda juga bisa memancing atau menyewa perahu kepada penduduk sekitar untuk mengelilingi danau. Saat mentari meredup anda akan menyaksikan keindahan alam danau dengan nuansa jingga temaram yang begitu damai.

7. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Terletak di desa Woniki, 15 km dari pusat kota Biak Timur, pantai Bosnik menyajikan pemandangan sempurna yang siap untuk kita potret berkali-kali.

Pantai cantik ini dianugerahi pasir putih, kejernihan air, dan deretan pohon kelapa yang tidak akan bisa dilupakan. Serta pemandangan bawah laut yang dihiasi terumbu karang berbagai jenis.

Biasanya lokasi pantai digunakan untuk piknik bersama keluarga atau sekedar duduk manis. Wisatawan bisa bermain voli pantai atau sekedar meminum es kelapa muda segar. Hanya dengan 10.000 sampai 50.000 saja, wisawatan bisa menikmati seluruh keindahan pantai Bosnik ini.


loading...

Loading...
Comments