6 Fakta Unik Group Legendaris Black Brothers

Belum ada group band, bahkan artis yang bisa setenar Black Brothers.

1
2850

Black Brothers hingga hari ini masih menjadi kelompok Band dari Tanah Papua yang legendaris dan pernah sukses di kancah Nasional maupun Internasional. Belum ada group band, bahkan artis yang bisa setenar Black Brothers.

Jatuh bangun kelompok band asal Kota Jayapura ini tak banyak diketahui orang. Namun band ini sanggup meruntuhkan hegemoni band rock Indonesia yang saat itu didominasi oleh kelompok band dari Pulau Jawa.

Adapun fakta yang telah kami rangkum, sebagai berikut:

1. Band PDK

Awal berdiri pada tahun 1974, Black Brothers menggunakan nama Band PDK. Mereka menggunakan nama PDK karena menggunakan alat band milik Dinas Pendikan dan Kebudayaan Provinsi Irian Jaya. Rumah no 8 milik orang tua Andy Ayamiseba, Dirk Ayamiseba di Jalan Lembah II Angkasa Indah, Jayapura. Di garasi rumah inilah Black Brothers memulai karir musiknya.

2. 9 Anggota

Black Brothers didirikan oleh 9 orang. Mereka adalah Andy Ayamiseba, Hengky MS, Benny Bettay, August Rumwaropen, Stevy Mambor, Yochi Patipeiluhu, Willem Ayamiseba, David Rumagesan dan Amri Kahar.

3. Album Hits (abadi)

Selama aktif di blantika musik Indonesia, perusahaan rekaman Irama Tara telah merekam lagu-lagu Black Brothers dalam11 album. Irama Tara merekam lagu-lagu hits Black Brothers dalam 3 album Lagu-lagu terbaik Irama Tara. Black Brothers menciptakan 2 lagu keroncong berjudul Keroncong Kenangan yang diciptakan oleh Hengky MS dan Kr. Gunung Sicloop ciptaan Jochie Phu. Vokalis dalam dua lagu keroncong ini adalah Stevie Mambor, penabuh drum Black Brothers yang memiliki suara khas.

4. Show Pertama 

Tanggal 28 Desember 1976, Black Brothers melakukan show pertamanya di Istora Senayan, Jakarta. Dalam show ini Black Brothers tampil bersama SAS, sebuah grup rock dari Surabaya. Yalikole, lagu berirama disko yang diciptakan oleh Black Brothers masuk dalam deretan lagu disko terbaik di Eropa pada tahun 1983.

5. Jayapura ke Jakarta

Dua tahun sejak didirikan, Black Brothers memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Di tahun 1976 ini, setelah bermukim di Jakarta selama beberapa minggu, Black Brothers mendapatkan kontrak pertama mereka untuk tampil di sebuah restoran.

6. Nama Laris “Black” Brothers

Setelah era Black Brothers mulai pudar, tercatat 4 grup band yang mencoba mengulang kesuksesan Black Brothers dengan menggunakan kata “Black” sebagai nama band mereka. Grup band ini adalah Black Papas, Black Sweet, Black Power, dan Black Family.

Baca Juga: Ini Sejarah Lahirnya Persipura

DISKOGRAPHI Album Grup:

  1. Kisah Seorang Pramuria (Vol 1) Irama Tara.
  2. Derita Tiada Akhir (Vol 2) Irama Tara.
  3. Lonceng Kematian (Vol3) Irama Tara.
  4. Hilang Irama Tara.
  5. Nuru Aipani (lagu daerah Irian Jaya) Irama Tara.
  6. Oh Inanekeke (spesial senam nonstop) Irama Tara.
  7. Sajojo (spesial senam) Irama Tara.
  8. Mula Wakeke (west Papua) Irama Tara.

Album The Best:

  1. 14 Lagu Terbaik Irama Tara.
  2. 22 Spesial Album Irama Tara. 3. Black Brothers (album Yuanita Budiman) Irama Tara.
- Space Iklan -
Pasang Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here