Papuan Voices, Komunitas Filmmaker Papua yang fokus memproduksi dokumenter berdurasi pendek tentang Manusia dan Tanah Papua akan menggelar Fersifal Film Papua (FFP) pertama di Papua untuk pertama kalinya. Festival akan berlansung pada 7-9 Agustus 2017 mendatang di Merauke, Papua.

Dalam website resminya papuanvoices.net menjelaskan Festival Film Papua ini bertujuan untuk memperkenalkan Papua lewat film-film dokumenter ke masyarakat luas baik di Papua, Nasional maupun Internasional. Dengan berlansungnya acara ini komunitas filmmaker Papua ini berharap akan memeberikan perspektif baru,  yang menempatkan Papua sebagai subjek dalam melihat dan “menentukan” masa depannya sendiri. Selain itu juga diharapkan bisa berkontribusi untuk mengakhiri ketidakadilan di Tanah Papua.

Festival Film Papua akan menjadi tolak ukur pergerakan perfilman di Papua terutama dokumenter dan diharapkan bisa memicu semangat para filmmaker muda Papua untuk terus berkarya. Dengan kegiatan ini juga masyrakat Papua  diharapkan bisa terlibat secara penuh, dalam upaya membangun kesadaran kritis masyarakat adat terhadap beragam fenomena masa lalu dan masa kini yang terjadi sebagai proses dialektika. Terutama dalam upaya pemenuhan hak-hak Sipol dan Ekosob Masyarakat Adat Papua dan kelestarian lingkungan untuk generasi masa depan.

Festival Film Papua Tahun 2017 akan diselenggarakan di Merauke 7-9 Agustus 2017 dengan tema “Bomi Zai Anim-Ha”. Rumah bersama manusia sejati yang menghidupi identitas dan ingatan kolektif Masyarakat Adat Papua yang berhubungan erat dengan alam dan membangun Bomi zai Tanah Papua.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Festival Film Papua, dilaksanakan Kompetisi film, workshop film dan workshop media yang dilaksanakan mulai bulan Mei 2017 hingga hari Puncak Festival Film Papua pada Agustus 2017. Saat ini Papuan Voices tersebar di 5 daerah di Tanah Papua, yakni: Jayapura, Keerom, Wamena, Merauke dan Sorong dan Raja Ampat.

berikut ini poster ajakannya:

Festifal Film Papua 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here