Danau Ayamaru. Photo by Mamad Nur
Danau Ayamaru. Photo by Mamad Nur

Tidak banyak yang tahu akan keberadaan Danau Ayamaru. Padahal keindahannya sangat memukau. Danau yang terletak di tanah Papua ini menjadi danau dengan air sebening kristal di pulau yang terkenal akan keelokan baharinya tersebut.

Danau Ayamaru memang cukup tersembunyi berada di wilayah Kepaa Burung Papua. Jaraknya dari Kota Sorong kira-kira sekitar 170 kilometer. Durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan.

Danau Ayamaru. Photo Dok.Pace Bro
Danau Ayamaru. Photo Dok.Pace Bro

Danau Ayamaru terbentang sepanjang 8 Kampung yaitu Kampung Segior, Woman, Mefkajem, Kartapura, Mapura, Yukase, Karetubun dan Kampung Jitmau. Kampung yang terbentang sepanjang delapan kampung ini dihuni oleh suku Maybrat dengan 12 marga.

Danau Ayamaru terdiri dari 3 danau yang merupakan satu kesatuan, yaitu Yahu (bagian atas), Yate (bawah), dan Ikri (penampung air dari sungai).  Kedalaman danau Ayamaru mencapai 30 meter. Ada 6 sungai yang bermuara dan menjadi sedimen air untuk Danau Ayamaru yaitu Sungai Ela, Sungai Ismayi, Sungai Framu, Sungai Mosway, Sungai Tetsayoh dan Sungai Bawi.

Jika anda berencana untuk wisata atau sekedar santai, spot disekitar danau ini cukup menarik dan menyejukkan mata. Rute ke Danau Ayamaru melalui Bandara Deo Sorong kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Ibu Kota Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat.

Selain sebagai sarana transportasi, Danau Ayamaru juga merupakan penyangga sumber daya air bagi masyarakat dan kehidupan di sekelilingnya khususnya disektor perikanan karena Danau Ayamaru kaya berbagai jenis ikan hias yang bernilai ekonomi tinggi. Ikan hias tersebut memiliki berbagai warna seperti kemerah-merahan, kuning kepala putih, dan badan hitam serta ekor bercabang empat.

Tidak hanya ikan hias yang terdapat di danau ini. Terdapat juga ikan mas, betik, satar, salamande, gabus, ikan lele, mujair, sepat, ikan sembilan hitam, siput danau dan beberapa jenis udang (jenis udang merah, udang kuning dan biru). Selain sebagai sumberdaya perikanan, Danau Ayamaru juga merupakan tempat bersinggahnya burung Flamingo dalam migrasi antar benua yakni dari Benua Asia ke Australia atau sebaliknya. Danau Ayamaru juga masih kaya akan keanekaragaman hayati flora maupun fauna antara lain terdapat tumbuh-tumbuhan, etnobotani, tanaman obat, satwa mamalia, burung, kupu-kupu, amfibia, reptil, fauna tanah dan serangga perairan maupun darat.

Sayangnya, saat ini sumberdaya perikanan di Danau Ayamaru yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat ini terancam punah akibat menurunnya permukaan air danau yang diperkirakan telah menyurut hingga sekitar 50 meter. Bahkan sejak beberapa tahun terakhir ini sebagian areal danau telah mengering, menjadi rawa dan beberapa areal tertentu telah ditumbuhi semak belukar/rumput-rumput.

Tertarik mengunjunginya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here