Beranda Gaya Hidup Wisata Ingin Berwisata Ke Sarmi? Inilah Tempatnya

Ingin Berwisata Ke Sarmi? Inilah Tempatnya

2631
1
Kapal karam di pulau liki, sarmi. Photo Dok.Pace Bro

Kabupaten Sarmi adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sarmi. Nama Sarmi adalah singkatan dari nama suku-suku besar, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa. Keberadaan mereka telah lama menjadi perhatian antropolog Belanda, Van Kouhen Houven, yang kemudian memberikan nama Sarmi.

Singkatan Sarmi sebenarnya belum mencerminkan suku-suku di sana mengingat di wilayah ini terdapat 87 bahasa yang dipergunakan. Dari bahasa yang ada, paling tidak bisa disimpulkan terdapat 87 suku, dan setiap suku mempunyai bahasa sendiri-sendiri.

Kabupaten Sarmi memiliki luas wilayah 35.587 km2. Terbagi menjadi 8 kecamatan dengan Sarmi sebagai ibu kota kabupaten. Wilayahnya sendiri berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, kabupaten Tolikara di sebelah Selatan, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Waropen di sebelah Barat, dan kabupaten Jayapura di sebelah Timur.

Pulau Sawar atau Pulau Vondomour berjarak tidak lebih 10 km dari pelabuhan Sarmi. Dengan menggunakan speedboat, bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Pulau Sawar memiliki pantai pasir putih yang indah dan alami di sisi barat. Selain bisa untuk outdoor activity, di sisi utara ada beberapa spot untuk memancing yang langsung mengarah ke Samudra Pasifik.

Senja di Pulau Liki, Sarmi, Papua Photo by ekapering93/IST
Senja di Pulau Liki, Sarmi, Papua Photo by ekapering93/IST

Catatan lain dari informasi pariwisata Kabupaten Sarmi, Kabupaten Sarmi memiliki obyek wisata yang beraneka ragam dan terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu Wisata Bahari (pulau dan pantai) yang terdiri dari : Pulau Liki, Pulau Yamna, Pulau Masi-Masi, Pulau Wakde, Pulau Armo, Pulau Kosong, Pulau Sawar (0.92 mil laut ;3 menit), Pulau Mengge (51.15 mil laut ; 166 menit) , Pulau Anus, Pulau Yarsun Podena, Pantai Kelapa Satu, Pantai Amsira, Pantai Tanjung Batu, dan Pantai Bagaiserwar.

Wisata Alam terdiri dari Air Terjun Sewan (26.68 Km ; 40 menit), Air Terjun Safron (104.42 Km ; 157 menit), Air Terjun Ismair (97.92 Km ; 147 menit), dan wisata Sungai Tor (32.42 Km ; 49 menit). Dan untuk Wisata Sejarah berupa Monumen Tugu Yamagata (8.64 Km ; 12.96 menit) yang merupakan simbol untuk mengenang peristiwa Perang Dunia ke II, serta kehidupan sosial masyarakat adat di Kabupaten Sarmi yang berlokasi di pedalaman.

Wisata sungat di Kampung Armopa, ARMOPA, Kec. Bonggo Kab. Sarmi. Photo by Mikael Sarikwenam‎
Wisata sungat di Kampung Armopa, ARMOPA, Kec. Bonggo Kab. Sarmi. Photo by Mikael Sarikwenam‎

Fasilitas penunjang kawasan wisata yang tersedia di Kabupaten Sarmi adalah homestay dan restoran bagi wisatawan.Untuk fasilitas penginapan / hotel / restoran terdiri dari 4 unit losmen (tiga di Distrik Sarmi dan satu di Distrik Bonggo) dan 3 unit penginapan lainnya di Distrik Sarmi dengan kamar sebanyak 20 unit dan 30 unit tempat tidur.

Aksesibilitas menuju obyek-obyek wisata di Kabupaten Sarmi menggunakan sarana transporatasi Darat seperti pelayanan angkutan umum darat dengan harga yang relatif sesuai dengan jarak yang ditempuh. Selain itu tersedia angkutan ojek yang tarifnya ditetapkan atas kesepakatan bersama antara tukang ojek dengan konsumen . Namun pelayanan angkutan umum laut memiliki peranan yang sangat penting mengingat masih terbatasnya transportasi darat.

Jenis angkutan umum laut yang melayani trayek Kabupaten Sarmi, khususnya yang menghubungkan kabupaten lain dengan lokasi tujuan wisata di Kabupaten Sarmi, terdiri atas : KM Papua I, KM Papua II, KM Papua III dan KM Marthen Indei.

______
Editor: Sarlota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here