Rapper Igor Saykoji memperlihatkan kepeduliannya pada perkembangan musik di Indonesia Timur. Dia bertekad bisa membantu bakat anak muda yang ada di sana, khususnya di kawasan Papua.

“Saya lihat potensi musisi lokal di Indonesia Timur itu bagus banget, saya pengin mengangkat talenta mereka,” kata Igor Saykoji di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/7).

Tekad pelantun So What Gitu Loh itu bukan hanya omongan kosong belaka. Dia telah membuktikannya lewat kolaborasi bersama grup hip-hop asal Merauke yakni Fresh Boy dan Blasta Rap Family. Mereka merupakan musisi yang viral di media sosial karena lagu Turun Naik Oles Terus. Bahkan kini ada tren Turun Naik Challenge untuk menikmati lagu itu sambil bergoyang.

“Waktu pertama kali dengar, saya langsung cari orangnya di Merauke dan ajak kolaborasi,” jelas Igor.

“Saya bikin remake lagu Turun Naik Oles Terus, cuma bukan untuk cari duit, supaya mereka makin dikenal aja,” sambungnya.

Sumbangsih Igor itu dirasa cukup efektif secara langsung atau tidak langsung. Sebab tidak lama setelah itu, Fresh Boy dan Blasta Rap Family telah dikontrak label rekaman. “Saya senang banget,” ucap pemain film 5cm itu.

Selain mengajak kolaborasi musisi Papua, Igor Saykoji juga mempersembahkan sebuah lagu Bukalah Hati untuk anak muda di sana. Single tersebut telah diperkenalkan sejak 2011 silam, namun kini ditulis ulang pada 2017.

Bukalah Hati versi terbaru dibawakan Saykoji bersama penyanyi Monita Tahalea dan Gaby Christy. Peluncuran ulang ini bertujuan mendukung kampanye #BERANIMIMPI 2017 dari organisasi kemanusiaan fokus anak Wahana Visi Indonesia (WVI).

#BERANIMIMPI merupakan online fun-raising competition yang diinisiasi oleh WVI, bekerjasama dengan Campaign.com. Tujuannya mengumpulkan dana untuk mendirikan Honai Belajar Anak dan toilet di tiga sekolah di Desa Sapalek, Distrik Napua, Wamena, Papua.

Melalui lagu yang ditulisnya, Saykoji ingin mengajak semua orang untuk sadar bahwa sekecil apapun kontribusi kita untuk anak-anak, hal tersebut merupakan sumbangsih untuk masa depan Indonesia.

Lagu Bukalah Hati telah tersedia dan dapat diakses di iTunes, Spotify, dan Google Play. Seluruh hasil penjualan akan didonasikan ke kampanye #BeraniMimpi untuk membangun Honai Belajar Anak dan Sanitasi Sekolah di Papua.