Selasa, Oktober 22, 2019

Ternyata ini 5 Manfaat Bir Untuk Kesehatan

Must Read

Indahnya Laguna Kepulauan Mapia

kepulauan Mapia merupakan satu kesatuan yang terhubungkan oleh hamparan pantai pasir putih yang dilingkari karang seluas 37.760 Ha.

7 Tempat Wisata Menarik di Papua Selain Raja Ampat

Ada apa saja tempat wisata di Papua?

Jejak Perang Dunia II “Biak Battle”

Tak bisa dipungkiri lagi, Tanah Papua penuh misteri. Misteri sejarah masa lalu yang tersimpan dalam Panorama alam yang menjadi...

Dalam masyarakat Indonesia umumnya Bir mendapat reputasi buruk karena kerap disalahgunakan untuk bermabuk-mabukan. Padahal, jika diminum sedikit atau dalam kadar moderat, ternyata bir punya banyak manfaat sehat.

Pilih bir tak beralkohol jika Anda tak bisa atau tak boleh mengonsumsi alkohol, juga agar Anda tak terjebak pada kondisi mabuk akibat konsumsi alkohol yang berlebihan.

1. Bisa membantu pemulihan pasca-latihan

Minum bir pasca-latihan dapat membantu Anda pulih dengan lebih cepat, menurut hasil sebuah studi di Spanyol.

Para peneliti di Universitas Granada meminta siswa untuk latihan sampai suhu tubuh mereka mencapai 40 derajat celsius, kemudian meminta mereka minum bir atau air.

Hasilnya, mereka yang minum bir sedikit lebih terhidrasi dibanding mereka yang meminum air putih. Meski demikian, para peneliti tetap menyarankan agar Anda meminum air putih dan minuman berprotein juga untuk mempercepat pemulihan.

2. Melindungi otak Anda

- Advertisement -

Senyawa dalam bir dapat melindungi Anda terhadap penyakit alzheimer dan parkinson, menurut hasil sebuah studi dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Para peneliti di China menemukan bahwa senyawa xanthohumol dalam bir dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antikanker, yang dapat memperlambat perkembangan penyakit saraf degeneratif.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Orang yang tidak minum bir akan tiga kali lebih mungkin untuk menderita flu, menurut hasil sebuah studi dari Unit Common Cold di Salisbury.

Mengapa? Minum bir dalam kadar tertentu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi, demikian menurut sebuah studi dari Oregon Health dan Science University.

Para peneliti tidak tahu alasan di balik kondisi lebih sedikit berisiko terhadap flu bagi orang yang minum bir. Namun, diduga ada manfaat antioksidan dalam gandum sebagai bahan dasar pembuat bir yang melindungi sel dari kerusakan.

4. Memperkuat tulang Anda

Wanita yang minum setidaknya dua bir sehari memiliki tulang yang lebih kuat, menurut hasil analisis dari studi yang dimuat dalam Natural Medicine Journal. Bir adalah sumber yang sangat baik dari silikon bioavailable, elemen mendasar untuk pembangunan tulang dan struktur tulang rangka.

Sebanyak 64 persen silikon yang ditemukan dalam bir bebas alkohol, dapat diserap oleh tubuh. Sementara itu, hanya empat persen dari senyawa yang sama dalam pisang yang dapat diserap oleh tubuh.

5. Sumber vitamin

Kebanyakan varietas bir mengandung beberapa jenis vitamin B, kaya kalsium, magnesium, dan selenium.

Bir hitam mengandung zat besi bebas dari 121 ppb dibandingkan dengan bir putih yang mengandung 92 ppb dan bir non-alkohol 63 ppb, menurut hasil sebuah penelitian di Spanyol.

Zat besi membawa oksigen dari paru-paru ke otot dan organ lainnya. Dengan demikian, ketika asupan zat besi Anda rendah, oksigen beredar lebih lambat, dan dapat membuat Anda merasa lelah, lesu, dan mudah tersinggung.

Terlepas dari 5 fakta diatas, minum bir juga mesti tahu apa saja kandungannya:

Silahkan simak timeline @peminum_bijak

Kenali sebelum minum.. Happy Weekend. #peminumbijak #pacebro

A post shared by Pace Bro (@pacebrocom) on

More Articles Like This

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Keuntungan Freeport Indonesia di Papua

Freeport saat ini memiliki tambang tembaga dan emas bawah tanah terbesar di dunia, yang terus dikembangkan.
video

Suku Huli; Merias Tubuh Untuk Kesadaran Akan Identitas

Orang Huli terkenal karena sifatnya yang suka berperang, agresif, dan hiasan wajahnya serta kostum yang dekoratif selama pertempuran.
video

Peduli Tragedi Nduga dan Wamena, Tim Persipura Bagi-bagi Ribuan Bunga

"Filosofinya kenapa harus bunga, air mineral dan pembatas buku, karena masing-masing benda tersebut memiliki lambang dan makna tersendiri," Kata Jaksen F Tiago.

Persipura Tidak Akan Bermarkas Di Jayapura Hingga Liga 1 Usai

Proses renovasi Stadion Mandala diperkirakan akan selesai pada bulan Desember mendatang
video

Kasuari Burung paling mematikan di dunia, Pria ini dianiaya hingga tewas

Jika berbicara tentang burung paling berbahaya, mungkin beberapa orang akan membayangkan burung elang emas atau burung condor.Dengan kemampuannya menyerang mangsa dan ukurannya yang besar...