Ilustrasi perayaan Natal di Gereja. hangouts.co.in
Ilustrasi perayaan Natal di Gereja. hangouts.co.in

Natal adalah hari raya yang dirayakan oleh kebanyakan kota pada negara-negara di dunia.

Di Papua, khususnya daerah pegunungan tengah, Natal dirayakan dengan barapen/bakar baru di hampir setiap rumah.

Walaupun hari perayaannya sama namun tradisi bagaimana bagi yang merayakannya itu berbeda-beda. Bahkan tidaklah jarang ada tradisi yang terdengar sangatlah aneh.

Berikut adalah 7 tradisi natal paling aneh yang pasti belum pernah Anda ketahui.

7. Sembunyikan Sapu

Jika kalian ingin berkunjung ke Norwegia di hari natal, perlu diketahui bahwa negara ini memiliki salah satu satu tradisi natal paling aneh di dunia saat natal. Disana, orang-orang Norwegia masih memiliki kepercayaan akan adanya penyihir dan juga roh jahat yang tinggal di bumi. Kepercayaan tersebut membuat orang-orang Norwegia menjadi memiliki kebiasaan aneh yang harus mereka lakukan yakni tradisi menyembunyikan sapu saat natal.

Tradisi aneh ini berasal dari kepercayaan adanya keberadaan sosok penyihir yang dapat mencuri roh manusia. Sebagaimana penyihir sangat dikaitkan erat dengan sosok yang menaiki sapu, maka dari sinilah tradisi menyembunyikan sapu berasala.

6. Consoda

Portugal merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik. Tentu saja seperti kebanyakan negara, Portugal juga memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan datangnya hari natal. Membuat makanan dan membagi-bagikannya ke keluarga sudah menjadi hal biasa tapi tidak bagi orang-orang Portugal. Mereka memiliki satu tradisi khusus yang bisa dibilang cukup aneh ketika menyambut natal. Tradisi itu sendiri dinamakan Consoda.

Consoda merupakan suatu acara pesta makan yang dilakukan oleh setiap anggota keluarga di pagi hari. Hal yang membuat tradisi ini cukup aneh adalah karena setiap anggota keluarga akan selalu satu atau beberapa menyiapkan meja dan makanan lebih saat perjamuan mereka. Meja dan makanan lebih ini diberikan sebagai penghormatan kepada roh atau arwah anggota keluarga yang sudah meninggal.

5. Mari Lwyd

Mari Lwyd yang dalam bahasa Inggris dissebut dengan Gray Mare atau dalam bahasa Indonesia berarti kuda betina, merupakan suatu tradisi natal aneh yang dilakukan oleh orang-orang Welsh, negara bagian Inggris. Tradisi natal yang terbilang cukup aneh ini melibatkan beberapa orang yang secara khusus memakai selembar kain putih sambil memegang tengkorak kuda (tulang kepala kuad) di atas sebuah tiang, dengan beberapa per, dan juga sebuah bel.

Sederhanya tradisi yang terlihat cukup aneh ini bertujuan untuk mencari uang. Caranya adalah dengan berjalan di tengah kota dan menggigiti menggunakan tengkorak kuda. Orang yang digigit tersebut harus membayar sejumlah uang di dalam sebuah ember. Walaupun terdengar aneh dan tidaklah masuk di akal, namun kepercayaan akan tradisi seperti ini sudah dipercayai oleh orang-orang Welsh dan memang dilakukan. Jika kalian ingin mencari uang dengan cara yang unik, tidak ada salahnya untuk mencoba tradisi aneh ini bukan?

4. Perlindungan Rahang Babi dan Kallikanzaroi

Mirip dengan Norwegia, Yunani juga masih memiliki kepercayaan akan adanya roh jahat yang tinggal di bumi. Untuk mencegah datangnya roh jahat tersebut perlu diadakan suatu ritual atau tradisi pada waktu tertentu, tepatnya di hari natal. Merupakan suatu tradisi yang wajib dilakukan selama 12 hari natal dimana masyarakat Yunani akan meletakkan rahang babi di bawah cerobong asap rumah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah datangnya roh jahat. Roh jahat tersebut dikenal dengan nama Kallikanzaroi.

Kallikanzaroi sendiri dikatakan tinggal di perut bumi selama bertahun-tahun, namun keluar pada saat hari natal untuk membuat kekacauan. Wujud dari Kallikanzaoi ini juga dikatakan selalu berubah-ubah, namun biasanya roh jahat ini akan muncul dengan sosok yang bertubuh tinggi, bersepatu logam, dan memiliki tangan yang mirip dengan monyet. Untuk orang-orang Yunani, hal ini sangat wajib untuk dilakukan agar tidak ditimpa musibah yang diakibatkan Kallikanzaroi.

3.Poop Log

Inilah salah satu tradisi natal paling aneh yang berasal dari negara Spanyol. Di Catalonia, Spanyol, sudah menjadi tradisi rutin bagi setiap keluarga untuk mengisikan permen atau mainan ke dalam pohon kayu yang sudah dilubangi serta digambarkan wajah. Tradisi aneh ini dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 8 Desember sebelum menyambut natal.

Setiap harinya, anggota keluarga akan memasukkan permen dan mainan ke dalam kayu pohon tersebut. Kayu ini juga diberikan baju layaknya manusia agar tidak kedinginan, kemudian pada saat malam natal, seorang anggota keluarga akan mengambil sebuah tongkat kayu kemudian mulai memukul kayu pohon tersebut sambil menyanyikan lagu natal. Kayu pohon tersebut akan terus dipukul sampai isi yang ada di dalamnya keluar. Barulah permen dan mainan yang keluar dari kayu tersebut dianggap sebagai hadiah natal bagi mereka.

2. Kiviak

Mungkin dapat disebut sebagai tradisi natal paling aneh yang tidak ingin Anda ikuti. Kira-kira menu makan siang apa yang akan Anda pilih bila berada Greenland pada sata natal? Mungkin yang ada di dalam pikiran Anda adalah pilihan menu lezat yang belum pernah dicoba sebelumnya. Nampaknya pikiran itu hanya akan menjadi impian saja. Karena tradisi natal yang dilakukan oleh orang-orang Greenland ini bisa dibilang sangat aneh dan mungkin dapat membuat Anda bermimpi buruk.

Di Greenland, Anda akan disajikan menu makanan berupa Auk, sejenis burung yang berada di daerah Greenland. Burung ini dibungkus dengan kulit anjing laut yang dikubur di bawah bebatuan yang beku, berbulan-bulan sebelum natal datang. Pada saatnya tiba, Auk ini akan digali, mengeluarkan semua isi perut, dan kemudian dimakan. Menurut beberapa orang yang telah mencobanya, mereka mengatakan bahwa tradisi memakan burung Auk tersebut memiliki rasa yang tajam seperti memakan Keju Stilton. Masih tertarik mengikuti tradisi natal aneh ini?

1.El Caganer – The Great Defecator

Bagi Anda yang tidak familiar, Defecate adalah Defekasi adalah sebutan untuk tindakan Buang Air Besar (BAB). Juga berasal dari Spanyol tepatnya dari Catalan, adalah sosok petani yang pada bagian kepala ditutup kain berwarna merah layaknya Santa Klaus namun sedang dalam posisi membuang kotoran alias BAB. Merupakan tradisi natal paling aneh di dunia, kepercayaan akan sosok tersebut bahkan membuatnya memiliki sebutan sendiri yaitu;El Caganer, Si Pembuang Kotoran. Aneh? Sudah pasti. Tapi El Cagane ini bukanlah sebuah figur untuk iseng semata. Bagi orang Catalan, figur ini merupakan figur yang melambangkan kesuburan.

Jadi pada saat natal, hampir semua tempat di daerah Spanyol akan dihiasi dengan figur El Cagane. Pada zaman sekarang, El Cagane bukan hanya menggunakan figur petani melainkan orang-orang terkenal yang ada di beberapa negara. Hal ini membuat El Cagane menjadi perdebatan karena sangat tidak pantas untuk ditampilkan d daerah-daerah umum. Bagaimana tidak, sosok orang yang sedang buang kotoran dipajang begitu saja. Namun ternyata di Spanyol, tradisi aneh ini sudah menjadi tradisi wajib yang tidak bisa dihilangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here