Jumat, Oktober 18, 2019

Indahnya Danau Sentani, Danau Terbesar di Papua

Luas danau Sentani lebih dari 9 ribu hektar dan karena berada di ketinggian, hawa di danau ini cukup sejuk.

Must Read

Jejak Perang Dunia II “Biak Battle”

Tak bisa dipungkiri lagi, Tanah Papua penuh misteri. Misteri sejarah masa lalu yang tersimpan dalam Panorama alam yang menjadi...

7 Hal Wajib Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata

Kamu tentu tidak ingin sedih dan melewatkan momen indah, ketika tongsis alias tongkat narsis lupa saat sampai di tujuan wisata.

4 Tempat Wisata Tanpa Handphone

Jika anda berkunjung ke empat tempat wisata ini sudah pasti penggunaan gadget kesayangan anda akan terbatas.

Onomi Foimoi! Welcome! Selamat Datang! Dalam pelukan Pegunungan Cyclops yang teduh, Danau Sentani menyambut para pelancong dengan bentangan panorama menakjubkan. Biru dan luasnya danau seakan sebuah laut dalam.

Jika kamu wisata ke Jayapura, mampirlah untuk menikmati keelokannya. Danau ini nampak terlihat seperti laut karena spesies ikan yang ada di dalamnya. Ya, ikan unik dan endemik yang cukup tenar mendiami danau ini adalah hiu gergaji. Namun sayangnya ikan hiu air tawar ini bisa saja dipastikan sudah punah karena sejak lama tak terlihat.

Bentang ukuran danau yang cukup luas menjadikan Danau Sentani sebagai danau terbesar di Papua. Total Luas danau Sentani lebih dari 9 ribu hektar. Karena berada di ketinggian, hawa di Danau Sentani cukup sejuk. Namun suasananya sama seperti sebagian besar wilayah di Papua, saat siang hari kawasan ini ibarat memiliki 9 matahari. Lumayan terik.

Adapun banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di danau ini. Ada sekitar 22 pulau dan sebagian besar dihuni Suku Sentani. Ada sekitar 24 kampung yang menempati Danau Sentani. Masing-masing kampung tampak unik dan memiliki tradisi masing-masing.

Misalnya penduduk di Pulau Asei yang terkenal dengan kerajinan kulit kayu. Lalu, di Desa Taturi yang penduduknya mahir membuat lukisan batu.

- Advertisement -

Walau beragam, ada yang menyatukan kampung-kampung ini, yaitu kesamaan legenda. Sebuah legenda menyebutkan bahwa orang yang menetap di Danau Sentani berasal dari Papua Nugini. Leluhur mereka ini datang dengan mengendarai naga.

Sampai saat ini legenda tersebut bisa tercermin dari hasil kerajinan masyarakat Sentani. Seperti di lukisan kayu karya penduduk Pulau Asei.

Danau Sentani menjadi tenar karena adanya festival tahunan yaitu Festival Danau Sentani yang berlangsung setiap bulan Juni. Danau ini di kala festival ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun asing.

Sewalah perahu atau ikut pesiar yang disediakan biro perjalanan setempat. Lalu jelajahi pulau-pulau Danau Sentani. Lihat keunikan tradisi Sentani, menyantap sagu, sampai berenang di danau. Atau, sekedar menikmati panorama di tepi Sentani nan cantik karena pada waktu sore hari kamu akan disuguhi sunset yang romantis.

Editor: Sarlota

- Advertisement -

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

video

Suku Huli; Merias Tubuh Untuk Kesadaran Akan Identitas

Orang Huli terkenal karena sifatnya yang suka berperang, agresif, dan hiasan wajahnya serta kostum yang dekoratif selama pertempuran.
video

Peduli Tragedi Nduga dan Wamena, Tim Persipura Bagi-bagi Ribuan Bunga

"Filosofinya kenapa harus bunga, air mineral dan pembatas buku, karena masing-masing benda tersebut memiliki lambang dan makna tersendiri," Kata Jaksen F Tiago.

Persipura Tidak Akan Bermarkas Di Jayapura Hingga Liga 1 Usai

Proses renovasi Stadion Mandala diperkirakan akan selesai pada bulan Desember mendatang
video

Kasuari Burung paling mematikan di dunia, Pria ini dianiaya hingga tewas

Jika berbicara tentang burung paling berbahaya, mungkin beberapa orang akan membayangkan burung elang emas atau burung condor. Dengan kemampuannya menyerang mangsa dan ukurannya yang besar...

Ritual Kematian Orang Anga di PNG, Dibiarkan Terbuka Untuk Cium Aroma Kematian

Mayat-mayat ini dilestarikan dengan teknik tingkat tinggi, dengan ketelitian dan persiapan.

More Articles Like This