Indahnya Danau Sentani, Danau Terbesar di Papua

oleh -21 views
Photo by Sengkiu Pasaribu

Onomi Foimoi! Welcome! Selamat Datang! Dalam pelukan Pegunungan Cyclops yang teduh, Danau Sentani menyambut para pelancong dengan bentangan panorama menakjubkan. Biru dan luasnya danau seakan sebuah laut dalam.

Jika kamu wisata ke Jayapura, mampirlah untuk menikmati keelokannya. Danau ini nampak terlihat seperti laut karena spesies ikan yang ada di dalamnya. Ya, ikan unik dan endemik yang cukup tenar mendiami danau ini adalah hiu gergaji. Namun sayangnya ikan hiu air tawar ini bisa saja dipastikan sudah punah karena sejak lama tak terlihat.

Bentang ukuran danau yang cukup luas menjadikan Danau Sentani sebagai danau terbesar di Papua. Total Luas danau Sentani lebih dari 9 ribu hektar. Karena berada di ketinggian, hawa di Danau Sentani cukup sejuk. Namun suasananya sama seperti sebagian besar wilayah di Papua, saat siang hari kawasan ini ibarat memiliki 9 matahari. Lumayan terik.

Adapun banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di danau ini. Ada sekitar 22 pulau dan sebagian besar dihuni Suku Sentani. Ada sekitar 24 kampung yang menempati Danau Sentani. Masing-masing kampung tampak unik dan memiliki tradisi masing-masing.

Misalnya penduduk di Pulau Asei yang terkenal dengan kerajinan kulit kayu. Lalu, di Desa Taturi yang penduduknya mahir membuat lukisan batu.