Photo by rawpixel from Pexels

Siapapun tentu tidak ingin hidup serba kekurangan, sudah pasti manusia pada dasarnya ingin menjadi kaya dengan usaha sendiri. Tapi apakah dengan bisnis online atau daring itu bisa kaya raya?

Sebelum menjawab pertanyaan ini sebaiknya kita bahas apa itu bisnis, untuk apa dan bagaimana cara kerjanya. Sebab pada dasarnya bisnis tidak selalu bagaimana cara menghasilkan uang tetapi bagaimana cara membeli uang.

kok, bisa beli uang? Ya untuk memulai apapun kita butuh modal, menurut saya bisnis tanpa modal adalah kemunduran. Bisnis tidak selalu juga soal jual-beli, tapi kurang lebih untuk bagaimana hal itu bisa berguna.

Bagaimana bisa berguna, coba saja kita bandingkan pemilik sosial media raksasa, Facebook ataupun Google dengan bisnis online yang kita rancang. Bertanya kepada diri sendiri, mengapa mereka bisa sedangkan kita tidak.

Apa rahasia dibalik kesuksesan mereka? Tentu tidak mudah untuk dibandingkan dengan mereka, karena jawabannya adalah waktu. Ya, mereka berhasil karena waktu yang tepat, namun bukan berarti kita terlambat. Seperti halnya perilaku adalah sesuatu yang bisa dipelajari maka marilah kita belajar dari mereka.

Bahas soal waktu adalah modal utama dalam memulai bisnis. Waktu tidak terbatas pada waktu luang yang tersedia tetapi juga juga waktu pemarasan, kapan dan dimana memulai usaha tersebut. Misalkan kita mengikuti trading online, tentu saja pasti akan waktu tertentu yang sering digunakan oleh para pemburu saham.

Selain itu paling penting dari waktu adalah mengatur atau manajemen waktu yang utama. Berikut ini beberapa tips bisa dicoba:

1. Waktu Memulai Bisnis Online

Sebelum memulai bisnis yang kamu inginkan, mulailah dengan menghitung pasar. Apakah waktu saat ini cocok dengan pasar yang kita dapat? atau apakah bisa terjual? mungkin di beberapa pasar online besar seperti bukalapak, lazada atau apapun itu menyediakan waktu yang tak terbatas tetapi apakah itu efisien?

Mari kita hitung waktu memulai bisnis online yang saya maksud.

Pertama kita memulai memasarkan usaha kita sesuai dengan kondisi pasar. Misalkan menjual produk saat lebaran atau natalan, apa yang akan paling laku? atau menjual hasil karya kepada siapa, misalkan kita menjual karya atau jasa foto kepada siapa? Atau kita menjual saham kita di treding kapan waktu yang tepat. Nah, itulah mengapa waktu memulai awal bisnis online sangatlah penting untuk dipertimbangkan, supaya mendapatkan pasar yang tepat dan membuat kita tidak merugi.

2. Manajemen Waktu

Manajemen waktu masuk dalam urutan prioritas, sebab sebelum memulai bisnis tentuk kita akan tentukan apa saja skala yang ingin kita tentukan.

Pertama kita bisa memulai dengan mengukut waktu skala prioritas. Maksud skala prioritas adalah menyelesaikan pekerjaan yang utama terlebih dahulu supaya waktu untuk bisnis kita tidak terganggu.

Kedua adalah, biasakanlah untuk tidak menunda waktu dalam menyelesaikan pekerjaan kita, karena sudah pasti itu akan membuat waktu kita terbuang banyak untuk memulai usaha bisnis online.

Berikutnya, upayakan fokus dan biasakan hargai waktu yang ada.

3. Kondisi Keuangan

Kondisi keuangan adalah hal penting yang seperti memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, karena keuangan tidak selalu mengenai modal. Kita bisa membuat perencanaan penggunaan uang dengan buku catatan keuangan. Buku ini dimaksudkan untuk menghitung apa saja pemasukan dan pengeluaran, tentu saja untuk membandingkan dan menghitung keuntungan dan kerugian juga.

Ketiga hal di atas ini dalam penjelasan bisa diperluas dengan referensi yang kita miliki atau yang dipelajari dari sumber manapun termasuk dari buku. Akhir kata , ‘Banyak jalan ke Roma, jadi kita bisa belajar hingga negeri China’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here