pacebro – Jubi – Kompetisi sepak bola di Papua dengan tajuk “Argapura Cup U-18” resmi diluncurkan. Dalam turnamen ini 12 klub tercatat akan bertanding, dan hari ini dibuka langsung ketua umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, Benhur Tommy Mano Jumat (8/2/2018) di lapangan Argapura.

Pergelaran turnamen di Lapangan Argapura merupakan salah kebanggaan sebab memiliki sejarah bagi legenda pesebakbola dari Tanah Papua.

“Seperti bapa Barnabas Youwe (alm) dan Gaspar Sibi (alm), banyak nama-nama dari Fanggasgu yang sudah memperkuat tim kebanggaan kita Persipura Jayapura. Bahkan yang masih ada seperti saya tau bapak Yafet Sibi juga pemain dari PSK Kayo Pulo dan juga pemain tim nasional Indonesia,” ujar Benhur Tommy Mano, dikutip dari Tabloid Jubi.

BTM yang juga menjabat sebagai ketua umum Persipura menjelaskan lapangan Argapura ditangani oleh pemerintah kota Jayapura dalam pengelolaannya.

Benhur Tommy Mano mengakui bahwa Papua Brazilnya Indonesia, dan selain itu BTM meminta pemain bermain dengan fair play dan unjuk gigi dengan skil masing-masing.

Selian itu BTM mengharapkan dari awal pertandingan sampai akhir berjalan baik, terlebih tidak ada perkelahian yang hingga saling beradu fisik.

“Tunjukan prestasi anda, skill agar ditonton dan menjadi hiburan bagi penonton yang hadir,” ujar Benhur Tommy Mano.

Orang nomor satu di kota Jayapura ini berharap para pemain yang terlibat harus bisa menjaga emosi dalam lapangan. Kalau pertandingan dicederai dengan perkelahian maka dengan sendirinya bubar di tengah jalan, maka tujuan dari pertandingan ini tidak mendapatkan hasil dari apa yang diharapkan.

Kepada korps wasit, BTM juga berpesan memimpin pertandingan dengan profesional. “Saya harapkan memimpin pertandingan ini fair play dengan jujur, adil, karena wasit juga yang mambuat pertandingan itu bisa henti di tengah jalan. Kuasai aturan-aturan itu dengan baik supaya memimpin pertadingan ini dengan tegas,” katanya.

“Wasit jangan makan pinang, karena ini ada lambang PSSI yang dipakai sebagai sponsor, jangan mabuk waktu memimpin pertandingan karena ini akan mengacaukan pertandingan yang kita harapkan bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

BTM mengucapkan terimakasih kepada panitia atas terselenggaranya turnamen sepak bola Argapura Cup U18.

“Mungkin ada tim talent scouting atau pemandu bakatyang datang untuk melihat bahwa dia bisa merekrut untuk masuk di Persipura U-19 nanti,” ucapnya.

Ketua panitia Lambertus Fonataba mengatakan, tujuan dari pada turnamen ini sendiri untuk membina bakat-bakat pemain muda khususnya U-18 tahun untuk ke depan nanti bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain di Persipura U-19 dan tim sepak bola PON Papua.

“Kita harapkan dari turnamen ini bisa mendapatkan pemain yang punya potensi dan bakat agar bisa bermain di Persipura U-19 dan PON 2020 yang nanti akan dilaksanakan di Papua,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here