pacebro – Google pada tahun 2013 lalu membuat Project Shield dapat diakses oleh semua situs berita online dan juga organisasi HAM. Project Shield merupakan cara Google untuk memastikan sebuah situs tidak terkena serangan DDoS (Distributed Denial of Service).

pacebro sendiri telah diterima aplikasi oleh Google. Jika sobat mengelola website NGO, Layanan Publik atau Berita online bisa jadi salah satu alternatif untuk melindungi situs dari serangan cyber.

Tujuan dari Project Shield adalah untuk melindungi situs-situs dari serangan DDoS – sebuah teknik penyerangan siber yang bertujuan untuk membuat sebuah situs down atau tidak bisa diakses dengan membuatnya mendapatkan trafik yang sangat masif.

Menurut VentureBeat, DDoS dapat digunakan untuk berbagai alasan. Misalnya untuk mengancam atau mengintimidasi perusahaan agar mereka menuruti tuntutan dari sebuah kelompok kriminal. Alasan lainnya adalah untuk menyulitkan sebuah organisasi atau bahkan melakukan sensor konten online.

Google meluncurkan Project Shield sebagai cara untuk meningkatkan infrastruktur keamanan mereka dan memastikan situs media atau organisasi HAM terlindungi dari serangan DDoS.

“Ada banyak hal yang kami pelajari dari grup penguji awal Project Shield,” kata Jared Cohen, President Jigsaw dan juga penasihat untuk Alphabet, perusahaan induk Google.

“Tidak hanya kami dapat memastikan situs tetap aktif dalam serangan yang seharusnya membuatnya tidak bisa diakses, kami juga belajar informasi penting tentang bagaimana serangan seperti ini terjadi dan bagaimana kita dapat memperbaiki layanan kami untuk melindungi diri dari serangan seperti ini. Dengan ekspansi ini, puluhan ribu situs media akan dapat mengakses Project Shield.”

Meskipun serangan DDoS adalah salah satu serangan siber yang relatif sederhana, tetapi, belakangan, ia terus berkembang dan menjadi semakin canggih. Teknik ini telah digunakan untuk membuat berbagai situs menjadi tidak bisa diakses, mulai dari toko game online hingga pihak penegak hukum.

Mengingat Project Shield gratis, tampaknya Google menyediakan perlindungan ini untuk organisasi kecil yang memang tidak memiliki uang atau kemampuan untuk melawan serangan siber seperti ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here