fbpx
Trada Ko Tra Rame

Menengok Pesona Bukit MacArthur

241

pacebro – Bukit MacArthur berada di daerah Ifar Gunung, pada ketinggian 325 meter di atas permukaan laut. Dari atas bukit ini kita bisa melihat aktivitas bandara Sentani sekaligus menikmati pemandangan Danau Sentani dikelilingi pebukitan yang sangat indah. Terkadang kita bisa melihat pesawat yang terbang masuk atau keluar dari Bandara Sentani jika berkunjung di pagi hari.

Penduduk setempat biasa menyebutnya dengan nama Bukit Makatur. Berasal dari nama Jenderal Douglas MacArthur, Jenderal terkenal pada zaman Perang Dunia ke-2 yang membangun markas dan mengawasi pergerakan pasukannya baik di darat maupun udara dari atas bukit ini, ketika memimpin pasukan sekutu pada Perang Asia Pasifik Raya.

Di bukit ini juga terdapat situs Tugu MacArthur berupa monumen setinggi 3 meter. Pemerintah Indonesia membangun tugu ini untuk mengenang pendaratan pertama Pasukan Sekutu di Pantai Hamadi. Tugu itu bertuliskan “Here The Allied Forces Landed on April 22, 1944” (Di Sini Pasukan Sekutu Mendarat pada 22 April 1944). Selain itu juga terdapat Museum tempat kita bisa melihat foto-foto gambaran suasana perang Asia Pasifik Raya yang ternyata juga terjadi di tanah Papua.

Tugu Mac Athur Sentani - Papua. Foto; Lies Petrus
Tugu Mac Athur Sentani – Papua. Foto; Lies Petrus

Kini, markas Sang Jenderal dipakai sebagai markas Rindam XVII Cenderawasih dan menjadi salah satu situs yang dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 tahun 1992 tentang cagar budaya. Situs ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan Propinsi Papua kendati berada di tengah kawasan militer. Untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit.

Cukup 45 menit berkendara dari kota Jayapura menuju Sentani atau 15 menit dari Bandara Sentani, kita bisa berwisata sekaligus bernostalgia dalam waktu bersamaan.

- Advertisement -

Editor: Johan


loading...

Loading...

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More