Jumat, Oktober 18, 2019

PNG tutup Facebook Selama Sebulan

Must Read

4 Tempat Wisata Tanpa Handphone

Jika anda berkunjung ke empat tempat wisata ini sudah pasti penggunaan gadget kesayangan anda akan terbatas.

Ini 7 Jenis Burung Cendrawasih

Burung cenderawasih adalah jenis burung yang tergolong dalam kelompok dari famili Paradiseaidae dari ordo Passeriformes yang endemiknya berada di Pulau Papua.

Mulia Kota Terdingin di Indonesia, Siang Hari Capai 15 Derajat Celcius

Pada siang hari suhunya mencapai 15 derajat celcius di siang hari. Sedangkan di malam hari suhunya bisa mencapai 9 derajat celsius

pacebro – Port Moresby – Menteri Komunikasi Papua New Guinea, Sam Basil mengatakan akan menutup Facebook selama sebulan. Penutupan terhadap akses sosial media ini dilakukan demi kepentingan penelitian terkait penyalahgunaan yang dilakukan oleh Institut Riset Nasional.

“Waktu penutupan itu akan memungkinkan pengumpulan informasi untuk mengidentifikasi pengguna yang bersembunyi di balik akun palsu, pengguna yang mengunggah gambar p0rno, pengguna yang memposting informasi palsu dan menyesatkan di Facebook untuk disaring dan dihapus,” kata Basil, dikutip dari artikel terbitan The Independent tanggal 29 Mei 2018.

“Hal ini akan memungkinkan para pemilik akun asli dengan identitas nyata untuk menggunakan media sosial secara bertanggung jawab,” ujarnya.

Sebenarnya, Papua New Guinea bukanlah negara pertama yang melarang Facebook beroperasi di negaranya.

Sebelumnya ada China, Iran dan Korea Utara yang memberlakukan pembatasan media sosial untuk tujuan penyensoran dan kontrol pemerintah yang lebih besar atas komunikasi internet.

- Advertisement -

Tapi Papua New Guinea menajdi negara pertama yang menutup Facebook untuk jangka waktu tertentu guna penelitian.

Papua New Guinea memutuskan untuk menutup Facebook karena berusaha menegakkan Undang-Undang Kejahatan Cyber ​​yang mulai berlaku pada tahun 2016.

Jika hasil dari penelitian menunjukkan Facebook tidak sesuai dengan Undang-undang Kejahatan Cyber ​, maka pemerintah kemungkinan akan menciptakan media sosial resmi yang lebih baik.

“Kami tidak bisa membiarkan penyalahgunaan Facebook berlanjut di negara ini,” kata Basil.

“Jika perlu maka kami akan mengumpulkan pengembang aplikasi lokal kami untuk membuat situs media sosial yang lebih kondusif bagi Papua New Guinea untuk berkomunikasi di dalam dan luar negeri,” lanjutnya.

Terkait rencana penutupan layanan sosial media populer ini, pihak Facebook sendiri belum memberikan komentar.

Editor: Joseph

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

video

Suku Huli; Merias Tubuh Untuk Kesadaran Akan Identitas

Orang Huli terkenal karena sifatnya yang suka berperang, agresif, dan hiasan wajahnya serta kostum yang dekoratif selama pertempuran.
video

Peduli Tragedi Nduga dan Wamena, Tim Persipura Bagi-bagi Ribuan Bunga

"Filosofinya kenapa harus bunga, air mineral dan pembatas buku, karena masing-masing benda tersebut memiliki lambang dan makna tersendiri," Kata Jaksen F Tiago.

Persipura Tidak Akan Bermarkas Di Jayapura Hingga Liga 1 Usai

Proses renovasi Stadion Mandala diperkirakan akan selesai pada bulan Desember mendatang
video

Kasuari Burung paling mematikan di dunia, Pria ini dianiaya hingga tewas

Jika berbicara tentang burung paling berbahaya, mungkin beberapa orang akan membayangkan burung elang emas atau burung condor. Dengan kemampuannya menyerang mangsa dan ukurannya yang besar...

Ritual Kematian Orang Anga di PNG, Dibiarkan Terbuka Untuk Cium Aroma Kematian

Mayat-mayat ini dilestarikan dengan teknik tingkat tinggi, dengan ketelitian dan persiapan.

More Articles Like This