Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

0
197
Photo by Nicola Giordano from Pexels
Photo by Nicola Giordano from Pexels

pacebro  РSeiring bergantinya waktu yang semakin maju dan kompetisi menjadi semakin ketat dalam perjalanan hidup. Hal ini mengharuskan agar setiap orang selalu siap setiap saat untuk sebuah kesempatan. Menjaga mata merupakan hal terpenting bagi tenaga muda yang ingin memasuki dunia tenaga kerja. Mata merupakan cerminan jiwa yang menunjukan kita dan penggambaran kita saat pertama kita bertemu seseorang. Moment penting seperti mengikuti interview menjadi saat kita harus sepenuhnya percaya diri dengan memiliki mata sehat yang memancarkan jati diri.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga mata tetap sehat,seperti :

1. Mengubah Pola Makan

Makanan cepat saji memang menggiurkan,selain cepat dihidangkan dan cepat untuk dinikmati juga tergolong bersahabat dengan kantong dan tidak mengelurkan banyak waktu. Hal ini sering kali membuat kita lupa memenuhi nutrisi untuk tubuh terutama mata.

Konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mata, seperti minyak ikan, brokoli, telur, buah, dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan pada mata.

Salah satu antioksidan yang sangat membantu adalah lutein. Zat ini banyak ditemukan dalam kangkung, selada, daun bawang, dan bayam. Juga sayuran berdaun hijau gelap. Tidak hanya bayam, omega 3 juga banyak ditemui dalam ikan salmon. Zat ini berguna membuat mata tidak cepat kering dan menjadi semacam tameng untuk mengurangi cahaya berlebih ultraviolet.

2. Istirahat yang cukup

Aktifitas yang selalu padat sering membuat orang menjadi lupa akan waktu untuk beristirahat, bekerja seharian didepan computer. Radiasi dari computer akan menggangu kesehatan terutama dari cahaya computer yang ditangkap oleh mata hal ini cukup berbahaya karena akan menimbulkan gangguan mata. Jika Anda harus menghabiskan hari dengan menatap layar komputer, terapkanlah aturan 20-20-20. Artinya, ambillah istirahat selama 20 detik setiap 20 menit untuk melebarkan pandangan sejauh 20 meter. Harus kita sadari, radiasi yang ditemukan di dalam komputer dapat membahayakan mata.

3. Menyesuaikan keadaan

Dimanapun kita berada dan apapun yang kita lakukan kita dapat melakukan penyesuaian dengan keadaan tempat kita terutama hal-hal yang penting dilakukan untuk membantu melindungi diri kita terutama mata. Contoh tempat kerja,lingkungan kerja seperti kantor tentunya kita akan membuat kita lebih sering menggunkan computer untuk bekerja,gunakanlah pengaturan yang tepat untuk computer anda seperti jarak pandang,kontras cahaya dan ukuran font,buat semua hal senyaman mungkin untuk menjaga mata tetap optimal.

Selain dari makanan,anda juga dapat memenuhi vitamin dengan mengkonsumsi suplemen makanan.Hal ini dianggap cukup perlu untuk memenuhi kebutuhaan gizi tubuh terutama untuk mata yang ingin tetap sehat.

4. Konsultasi Dokter

Jangan tunggu ssampai anda merasa ada yang salah dengan mata anda dan anda baru melakukan konsultasi dengan dokter karena hal ini sudah sangat mengganggu dan semakin bertambah buruk. Mendiaknosa gejala pada mata dengan dini akan sangat membantu mengendalikan penyakit yang mungkin sedang terjadi. Berkonsultasilah dengan dokter mata anda setidaknya sekali setiap tahun.

Hal-hal sederhana ini dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan akan sangat menjaga mata agar selalu sehat tampil cemerlang. Mata adalah organ sensitive yang memerlukan perhatian serius dan penanganan yang cepat jika anda merasa mata anda sedang tidak baik-baik saja.

 

Editor: Sarlota

- Space Iklan -
Pasang Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here