Parade Wor dan Yospan di Biak. Foto: Alen/Pace Bro
Parade Wor dan Yospan di Biak. Foto: Alen/Pace Bro

pacebro – Parade yang tari Wor dan Yospan (Yosim Pancar) ditampilkan di jalan-jalan Kota Biak, Papua. Parade ini bagian dari Festival Biak Munara Wampasi (BMW) VI yang berlangsung dari 22 – 25 Agustus 2018.

Dalam Festival Biak Munara Wampasi tak hanya parade seni budaya, tapi juga menampilkan kuliner khas biak, pameran cindera mata, termasuk menampilkan kawasan-kawasan wisata menarik seperti Pulau Padaido.

Pemerintah kabupaten Biak mengapresiasi keterlibatan masyarakat dari berbagai pelosok Biak. Hal tersebut disampaikan Asisten I Sekretaris Biak, Frits G. Senandi.

Diharapkannya momentum ini dapat menjadi bagian dari upaya pelestarian aset budaya masyarakat Biak. Sekalian juga dapat memberikan hiburan bagi wisatawan dan masyarakat setempat.

Festifal BMW tahun ini terlihat animo cukup tinggi dibanding tahun 2017, sanggar seni dari berbagai kampung dari distrik-distrik kabupaten Biak turut berpartisipasi dalam parade Wor dan Yospan.

“Fakta ini telah memberikan gambaran akan kesungguhan masyarakat adat Biak untuk menjaga identitas seni budaya asli,” kata Frirts dilansir Tabloid Jubi.

Lanjutnya, Frits mengajak Biak untuk terus menjaga dan melestarikan keaslian tari Wor dan Yospan yang telah menjadi daya tarik tersendiri baik wisatawan maupun pengunjung di ajang Festival Biak Munara Wampasi VI 2018.

Parade Wor dan Yospan di Biak. Foto: Alen/Pace Bro
Parade Wor dan Yospan di Biak. Foto: Alen/Pace Bro

Pada kesempatan yang sama Budayawan Biak, Yotam Simopiaref, mengharapkan seluruh masyarakat adat Biak dapat menyukseskan Festival Biak Munara Wampasi ini.

“Melalui ajang festival masyarakat adat Biak dapat mempertontonkan beragam atraksi seni budaya asli orang Biak, ya ini menjadi daya tarik wisata ke depan,” ungkapnya.

Pada parade ini para seniman dari berbagai sanggar seni mengenakan aksesori busana tradisional khas Biak juga modern menampilkan atraksi tari Wor di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Imam Bonjol di distrik Biak Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here