7 Tempat Wisata di Manokwari

1
671
View kota Manokwari, Papua Barat. Foto: Alen/PB
View kota Manokwari, Papua Barat. Foto: Alen/PB

pacebro –  Apakah sobat punya rencara berkunjung ke Manokwari?

Banyak tempat wisata yang direkomendasikan di wilayah Papua Barat. Manokwari punya panorama alam yang indah, terutama gunung dan pesona pantainya yang eksotis. Berikut ini tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Manokwari.

1. Pulau Mansinam

Pantai di Mansinam Manokwari, Papua Barat. (Foto: Edison W/PB)
Pantai di Mansinam Manokwari, Papua Barat. (Foto: Edison W/PB)

Ada satu lagi obyek yang sangat menarik untuk disaksikan di Pulau Mansinam. Bila sedikit menelusuri jalan beton yang mengular ke arah bukit, maka sebuah Patung Yesus Kristus dalam ukuran raksasa akan terlihat. Patung ini adalah sebuah gagasan positif dari pemerintah Indonesia yang menjadi bentuk penghargaan terhadap sejarah peradaban Papua di Mansinam. Patung ini sekilas mirip patung Yesus yang berada di Rio de Janeiro, Brazil, tetapi dalam ukuran yang sedikit lebih kecil.

2. Hutan Gunung Meja

Selamat datang di Hutan Gunung Meja. Foto: IST/KMKU
Selamat datang di Hutan Gunung Meja. Foto: IST/KMKU

Dari kejauhan gunung ini membentuk seperti meja terletak kira-kira 2 km dari Kota Manokwari dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Areal gunung meja merupakan Hutan yang sangat ideal untuk olahraga hiking, piknik keluarga serta penelitian. Di kawasan hutan wisata ini dibangun Tugu Jepang yang merupakan monumen peringatan Pendaratan tentara Jepang divisi 221 dan 222 di Manokwari pada waktu Perang Dunia II dari lokasi ini dapat menikmati pemandangan Kota Manokwari.

3. Pasir Putih

Pantai Pasir putih Manokwari. Foto; Kapitarauw Daniel
Pantai Pasir putih Manokwari. Foto; Kapitarauw Daniel

Terletak sekitar 5 km dari pusat Kota Manokwari dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua dengan waktu 15 menit Pantai ini sangat nyaman untuk rekreasi berenang, jemur panas, pasirnya putih dan berombak kecil. Kawasan ini memiliki pulau-pulau yang panorama alamnya sangat indah dan tenang di pulau-pulau in ada masyarakat nelayan dengan perkampungan tradisional. Di beberapa pulau ini terdapat hamparan terumbu karang dengan jenis-jenis biota lautnya dari cocok untuk kegiatan selam.

4. Pegunungan Wondiwoy

Cagar Alam Wondiboy. Foto: Dok.Pace Bro
Cagar Alam Wondiboy. Foto: Dok.Pace Bro

Jika sobat hanya ingin berjalan-jalan dengan tenang sambil menikmati pemandangan, bukan hanya bersantai di pantai saja, maka tempat ini bisa jadi salah satu destinasi wisata. Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy ini merupakan tempat yang tepat untuk kita yang menyukai kegiatan berjalan-jalan di alam dan menikmati udara segar.

Tidak terlalu jauh dari kota, terletak 5 kilometer dari kota Manokwari, lokasinya sekarang masuk dalam kabupaten Teluk Wondama. Cagar alam ini memiliki 147 species burung dan berbagai jenis flora dan fauna lainnya. Terletak di sepanjang Jaziriah Wasior 142.173,94 km dengan luas 73.022 ha. Dari cagar alam ini dapat dinikmati panorama alam Teluk Wandamen dan Teluk Cenderawasih yang sangat indah. Dapat dicapai dengan pesawat udara jenis Cessna dan Twin Otter waktu tempuh ± 20 menit dari kota Manokwari. Bentuknya unik dibangun di atas tiang-tiang penyangga yang sangat banyak sehingga dinamakan rumah seribu kaki. Dindingnya terbuat dari kulit kayu sedangkan atapnya dari daun pandan penghuninya terdiri dari 4 sampai 5 keluarga (25-30 orang). Rumah-rumah tradisional Suku Arfak ini di pedalaman Manokwari, Kecamatan Kebar, Anggi dan Merday.

5. Teluk Doreri

Bangkai-Kapal-Teluk-Doreri
Bangkai Kapal di Teluk Doreri. Foto: IKSHAN/IST

Apakah sobat pernah membayangkan bagaimana melihat bangkai kapal saat Perang Dunia II? Ya di sinilah tempatnya, sobat akan melihat 20 bangkai kapal bekas saat Perang Dunia kedua. Jenis kapal tersebut adalah Pilbox Wreck dan Kapal Patroli Wreck. Panjang masing-masing kapal antara 12-22 meter. Menarik ya? Di sini juga kamu bisa melihat koleksi terumbu karang yang unik dan indah.

Dengan berkunjung ke tempat ini, kamu bisa merasakan langsung betapa uniknya potensi wisata bahari di Papua Barat yang tentunya tidak bisa kamu jumpai serupa di tempat lain.

6. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro, Manokwari, Papua Barat. Foto: Dok. Pace Bro
Pantai Bakaro, Manokwari, Papua Barat. Foto: Dok. Pace Bro

Apakah sobat pernah melihat nelayan “memanggil” ikan dengan dengan peluit? Ya, tradisi unik ini dilakukan ternyata untuk menarik perhatian para wisatawan. Nelayan menggunakan peluit yang terbuat dari kulit kerang untuk memanggil ikan-ikan. Tradisi ini bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Pantai Bakaro yang letaknya berada di pesisir utara Manokwari.

7. Sunset di Pantai Amban

Pantai Amban, Manokwari
Pantai Amban, Manokwari. Foto: Manokwari dalam Lensa/Paul

Mungkin sobat tak lama di Manokwari, pantai ini bisa jadi salah satu tempat untuk mengabadikan momen yang belum tentu terulang.

Di pantai ini kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit (sunrise) maupun terbenam (sunset) di atas cakrawala. Sunset di pantai ini instagrammable banget lho, Quipperian. Sore di pantai Amban itu seperti melihat lukisan alam yang indah. Jarak Pantai Amban sekitar 4 kilometer dari kota Manokwari, dekat sekali dari pusat kota dan UNIPA. Jadi sobat, tempat ini ternyata sudah menjadi salah satu destinasi wisata wajib dan sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Papua.

*Dikumpulkan dari berbagai sumber.

Editor: Joseph

- Space Iklan -
Pasang Iklan

1 COMMENT

  1. Maaf, Cagar Alam Pegunungan Wondiboy itu berada di Wasior,Kab.Teluk Wondama bukan Manokwari. ?
    Dari Manokwari ke Wasior kalau pakai kapal laut saja bisa 6 jam, 8 jam bahkan ada yg 12 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here