Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2015 kepada Gubernur Papua Lukas Enembe di Istana Negara, Jakarta, 8 Desember 2014. ANTARA FOTO

pacebro – Pembangunan Papua oleh Rezim Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla hanya jadi objek kampanye politik dengan fakta yang dilebih-lebihkan. Hal tersebut disampaikan oleh seorang warganet asal Papua, @ChristWamea melalui akun Twitternya.

Dalam cuitannya, Christ menyampaikan bahwa akhir-akhir ini ada elit polik tertentu menjadikan papua sebagai obyek pencitraan untuk kepentingan politik praktis sesaat, lalu memfitnah para presiden terdahulu seakan-akan tidak mempunyai karya dalam membangun Papua. Lanjutnya bahwa, ITU TIDAK BENAR, menurut christ masing-masing presiden mempunyai karya dalam membangun Papua.

Selain itu pria yang mengaku tinggal di Manokwari ini menyoroti kemerosotan ekonomi di Papua maupun di Indonesia.

“Empat tahun terakhir daya beli dan pendapatan masyarakat di tanah papua menurun dratis, ASN sudah merasah tercekik dengan biaya hidupnya apalagi rakyat kecil. Seluruh masyarakat dikab/ kota menyalahkan bupati dan walikota setempat. Ternyata ini efek dari kepemimpinan nasional.” Ungkapnya.

Terkait kampanye Jokowi terkait pembangunan Papua adalah hasil kerja yang berkesinambungan dari presiden-presiden terdahulu.

Dari keseluruhan jalan trans papua terdapat 12 ruas, jika tersambung semua akan mencapai 4.325 km. Hingga saat ini jalan Trans papua yang sudah tersambung hingga tahun 2014 yaitu 3.498 km. Sisa panjang yang belum terhubung adalah 827 km. Ini Berarti pemerintahan sekarang hanya mengerjakan panjang jalan trans papua 827 km saja.

Berikut ini detail pembangunan 12 ruas jalan Trans Papua yang terus dikampanyekan oleh elit-elit politik Jakarta.

Trans Papua Ruas 1: MERAUKE-TANAH MERAH-WAROPKO. Panjang total ruas jalan ini 543 km. Dibangun pada jaman pak SBY sudah terhubung semua 543 km. Sudah diaspal 479 km. Belum diaspal 64 km. Jembatan 638 m. Artinya pd pemerintahan ini hanya aspal 64 km dan bangun jembatan 638 m saja.

Trans Papua Ruas 2 : WAROPKO-OKSIBIL. Panjang TOTAL ruas jalan ini 136 km. Pd jaman pak SBY dibangun dan sudah terhubung 70 km diaspal 5 km. Belum terhubung 66 km. Jembatan 800 m. Jadi pemerintahan sekarang melanjutkan dengan hanya bangun 66 km dan jembatan 800 mtr.

Trans Papua Ruas 3 : DEKAI-OKSIBIL. Panjang TOTAL ruas jalan ini 225 km. Pada jaman Pak SBY dibangun dan sudah tersambung 197 km, belum tersambung 28 km. Jadi pada pemerintahan ini hanya mengerjakan 28 km saja.

Trans Papua Ruas 4 : KENYAM – DEKAI. Panjang TOTAL ruas jalan ini 180 km. Pada jaman pak SBY dibangun dan sudah tersambung 10 km. Belum tersambung 170 km, jadi pada pemerintahan ini hanya bangun 170 km.

Trans Papua ruas 5 : WAMENA- HABENA- KENYAM-MAMUGU; Panjang TOTAL ruas jalan ini 295 km. Dibangun pada saat pak SBY sudah tersambung 258 km. Sisa yang belum terhubung 37 km. Ini artinya bhw pemerintahan sekarang hanya mengerjakan 37 km.

Trans Papua Ruas 6: WAMENA-ELELIM-JAYAPURA. Panjang TOTAL ruas jalan ini 585 km. Pada jaman Pak SBY dibangun dan sudah tersambung 470 km. Sudah diaspal 342 km, belum tersambung 115 km. Artinya bahwa pada pemerintahan ini hanya mengerjakan 115 km yg belum tersambung.

Trans Papua Ruas 7 : WAMENA-MULIA-HAGA-ENAROTALI. Panjang TOTAL ruas jalan ini 466 km. Pada jaman SBY dibangun dan sdh terhubung 237 km. Belum tersambung 229 km. Artinya bahwa pada pemerintahan ini hanya mengerjakan 229 km.

Trans Papua Ruas 8 : WAGETE- TIMIKA. Panjang TOTAL ruas jalan ini 196 km. Pada jaman pak SBY dibangun & sudah tersambung 172 km. Belum tersambung 23 km. Jadi pada pemerintahan ini hanya membangun 23 km saja.

Trans Papua Ruas 9 : ENAROTALI-WAGETE-NABIRE. Panjang TOTAL ruas jalan ini 285 km. Pada jaman pak SBY dibangun sdh tersambung 285 km. Sudah beraspal 285 km. Artinya bahwa pada pemerintahan ini tidak membangun ruas jalan ini kareba sudah selesai dibangun jaman pak SBY.

Trans Papua Ruas 10 : NABIRE-WINDESI-MANOKWARI. Panjang TOTAL ruas jalan ini 827 km. Pada jaman pak SBY dibangun dan sudah tersambung 700 km. Sudah diaspal 259 km. Yang belum tersambung 127 km. Jadi pada pemerintahan ini hanya mengerjakan 127 km yang blm terhubung.

Trans Papua Ruas 11 : MANOKWARI-KAMBUAYA- SORONG. Panjang TOTAL ruas jalan ini 596 km. Pada jaman Pak SBY dibangun dan sudah tersambung 566 km. Sudah aspal 537 km. Belum tersambung 30 km. Artinya bahwa pada ruas ini pemerintahan sekarang hanya mengerjakan 30 km saja.

Trans Papua Ruas 12 : JEMBATAN HOLTEKAMP. Panjang TOTAL 733 meter. Panjang badan jembatan 400 meter. Jembatan pendekat 333 meter. Jembatan ini dibangun dgn mengunakan dana APBN dan APBD KOTA JAYAPURA. Dibangun olh pemerintahan ini dan telah diresmikan oleh bapak presiden.

Jadi kesimpulannya adalah 12 ruas jln trans papua jika terhubung semua 4.325 km. Sudah dibangun oleh pemerintahan sebelumnya hingga tahun 2014 yg sudah terhubung 3.498 km. Yang belum terhubung adalah 827 km. Ini artinya bhw pada pemerintahan ini hanya mengerjakan 827 km saja dari 12 ruas jalan.

Pada akhir, Christ mengaku bahwa yang dia sampaikan adalah fakta dan tidak memihak pada para pihak elit jakarta.

“Jadi selama ini ada narasi bhw jalan trans Papua itu baru dibangun oleh pemerintahan periode ini ITU TIDAK BENAR , semua presiden memiliki karya dalam membangun jalan trans papua. Terima kasih. Tuhan memberkati semua bapak dan ibu presiden yang telah membangun papua. “JUJUR ITU HEBAT”.” Tutupnya.