in ,

Beberapa Alat Deteksi Gempa dan Tsunami di Papua Tak Berfungsi

Photo by WikiImages from Pixabay

Pasca Gempa Bumi yang disertai dengan Tsunami melanda Palu dan Donggala, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan jika Indonesia tidak lagi memiliki buoy atau alat untuk mendeteksi tsunami yang memadai sejak 2012 silam.

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwonugroho dalam konferensi pers di Jakarta mengenai penanganan gempa Palu dan Donggala, menyampaikan hal tersebut terjadi mungkin saja karena soal dana pengadaan dari BMKG seperti dalam lansiran CNN.

Sementara itu, permasalahan serupa juga disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, melalui Kepala Bidang Observasi, Budi Darmawan. Menurutnya, jika alat sensor gempa dan pendeteksi tsunami yang dimiliki banyak yang tak berfungsi. Kabarnya dari 18 alat yang tersebar di Papua dan Papua Barat hanya delapan yang berfungsi dengan baik.

“Kami memang kesulitan, sebab dana pemeliharaan alat semakin tahun berkurang. Sehingga ada beberapa daerah yang sensornya kurang berfungsi,” kata Budi di Kota Jayapura, Papua, Senin 1 Oktober 2018 dilansir KabarPapua.co.

Kendala lain yang diungkapkan Budi, yaitu penjarahan yang dilakukan masyarakat terhadap alat pendeteksi gempa, seperti solar cell dan perlengkapan lainnya. Walaun itu, Budi menyampaikan jika pihaknya tetap akan berusaha memberi informasi secepat mungkin kepada masyarakat bila terjadi gempa dan potensi tsunami di Papua dan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Dalam penyataannya BMKG Jayapura juga mengimbau kepada masyarakat untuk perduli dengan peralatan BMKG yang ada di daerahnya, tolong dijaga sebab ini berkaitan dengan keselamatan jiwa kita jika terjadi gempa dan potensi tsunami.

Selain itu, BMKG juga berharap jika pemerintah daerah dapat kerja sama juga sekaligus mendukung terlebih khusus melakukan pemeliharaan terhadap sensor gempa dan pendeteksi tsunami yang dimiliki. Menurutnya, jika ada dukungan yang memadai, dapat meminimalisir korban bencana Gempa maupun Tsunami.

Editor:  Manuel

What do you think?

Written by Sarlota Cicilia

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

Liga 1 Berhenti, Persipura Terus Permantap Kerjasama Tim

Penambang Liar Masih Beroperasi, Warga Tantang Pemerintah