Tanah Papua mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, dari isi kandungannya hingga yang ada diatasnya. Dari bukit bukit menawan, padang safana, pantai yang berkilau hingga puncak bersalju semua ada di Papua. Salah satunya keberadaan flora yang luar biasa nan unik, bunga anggrek.

Anggrek Papua memang terkenal di Indonesia hingga ke seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah anggrek hitam yang dalam bahasa latinya Coelogyne pandurata.

Di Indonesia anggrek hitam hanya dapat ditemukan di Provinsi Kalimantan Timur dan Papua. Meski sama-sama hitam, ada perbedaan mencolok dari dua bunga nan anggun ini.

Anggrek hitam kalimantan memiliki helai bunga yang dihiasi warna hijau cantik. Namun, ada pula yang warna bunganya hitam pekat secara keseluruhan. sedangkan anggrek hitam Papua memiliki warna yang berbeda.

Anggrek Hitam
Anggrek Hitam

Anggrek hitam Papua, merupakan jenis tumbuhan langka dan karena itu tidak tumbuh di semua tempat.

selain itu, Anggrek Hitam Papua juga hingga kini masuk dalam daftar salah satu tumbuhan termahal di dunia. Bagaimana tidak? Harga satuan Flora endemik ini mencapai Ratusan juta rupiah. Kabarnya, banyak kolektor yang memburu Anggrek langka ini.

Walaupun, Anggrek Hitam sudah langka hingga kini pemerintah belum mengatur dengan jelas untuk perlindungan maupun pengendalian atas tanaman ini.

Editor: Paul

loading...