Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano

Manajemen Persipura Jayapura dipastikan akan segera mengumumkan pelatih asing baru sebagai pengganti Osvaldo Lessa yang tidak lagi bersama tim tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano (BTM) di Kota Jayapura, Rabu (16/01/2018). Menurut BTM pelatih asing yang akan melatih tim berjuluk mutiara hitam itu sudah cukup memiliki pengalaman di Liga Indonesia.

“Ada dua pelatih (pelatih kepala dan pelatih fisik) yang dalam waktu dekat akan saya umumkan namanya, pelatih asing, pernah melatih di Indonesia,” katanya.

Ketika dicecar apakah pelatih tersebut pernah membesut tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta, Benhur Tommy Mano yang akrab disapa BTM itu hanya tersenyum, seakan mengiyakan bahwa sosok pelatih yang dimaksud memiliki pengalaman yang mumpuni.

Osvaldo Lessa sejatinya merupakan salah satu punggawa keberhasilan tim yang bermarkas di Stadion Mandala, Kota Jayapura itu dalam meraih sejumlah gelar juara bersama pelatih kepala Jacksen F Thiago.

Ketika itu, Osvaldo Lessa mendampingi Jacksen F Thiago sebagai pelatih fisik Persipura Jayapura hingga masuk semifinal Piala AFC 2014.?

Lessa sapaan akrabnya, menjadi pelatih kepala untuk tim yang sudah empat kali juara Liga Indonesia itu pada awal Januari 2015, ketika Jacksen F Thiago memilih memutus kebersamaan bersama Persipura dan hijrah ke Malaysia untuk melatih suatu klub di sana.

Pada masa ini Lessa tak lama melatih Boaz TE Solossa dan kawan-kawan hingga ke babak penyisihan AFC dan karena persoalan sepak bola tanah air yang dihentikan pemerintah, sehingga kebersamaan tersebut usai dengan kompetisi putus di tengah jalan.

Lalu, pada akhir September 2018 Lessa kembali bersama tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu untuk menggantikan posisi pelatih kepala Amilton Da Silva Oliviera dengan harapan bisa mengangkat performa tim yang berkutat di papan bawah.

Namun, kedatangan Lessa tidak mampu membawa tim Persipura ke papan atas, hanya finis diurutan 12 Liga I Indonesia musim 2018.

Awal Januari 2019, publik Jayapura dan Papua pada umumnya serta penggemar Persipura dihebohkan lagi dengan kepergian Lessa dari Persipura Jayapura.

Dan hal itu, sudah bisa dipastikan karena target tidak terpenuhi dan tentunya masa kontrak sebagai pelatih telah usai.

“Lessa tidak lagi bersama Persipura, nanti ada pelatih asing baru,” tegas BTM.

Editor: Sarlota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here