Demontrasi Minta Pemerintah Indonesia bertanggung jawab atas Pelanggaran HAM Tanah Papua, (Okt 2013) Manokwari, Papua Barat.

Keseluruhan pulau tersebut disebut Nugini, dan sebagian besarnya dihuni oleh orang Papua, orang adat yang majemuk yang memiliki ratusan bahasa dan sejarah menetap selama puluhan ribu tahun yang lalu (di tanah itu). Papua Nugini merupakan bagian Timur dari Nugini, dan telah menjadi sebuah negara yang merdeka sejak 1975.

Bagian Barat Nugini merupakan sebuah kawasan yang berada di bawah kekuasaan Indonesia. Kelompok pro-kemerdekaan dan sebagian besar orang Papua menyebut wilayah ini sebagai “Papua Barat” (Penyebutan yang sudah disepakati untuk dipakai dalam artikel New Naratif), namun serangkaian nama pemberian kolonial disematkan dengan paksa sepanjang abad ke-20.

Pertama, di bawah kekuasaan Belanda (Nugini Belanda, Dutch New Guinea) dan kemudian di bawah pendudukan Indonesia (West Irian, Irian Jaya, dan Irian Barat). Anda juga akan mendengar wilayah ini secara umum disebut sebagai Papua, atau “Tanah Papua”.

Secara membingungkan, pada 2002 Presiden Indonesia Megawati Sukarnoputri membagi wilayah tersebut menjadi dua provinsi: Papua dan Papua Barat.

Ketika para pejabat pemerintah Indonesia mengatakan “Papua Barat”, mereka secara khusus merujuk kepada provinsi baru ini, ketimbang keseluruhan wilayah tersebut.

KENAPA SAYA HARUS TERTARIK DENGAN APA YANG SEDANG TERJADI DI PAPUA BARAT?

Baca selengkapnya di New Naratif.

Apa Reaksi Anda?

Bagikan Artikel ini:

Like us on Facebook for great stories daily!

Sebelumnya16 Klub ikuti Turnamen Divisi Utama Persipura Jayapura
BerikutnyaMengapa Status Warisan Budaya Noken Papua di UNESCO bisa dicabut kapan saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here