Ini Gejala Depresi pada Diri Sendiri. Photo from Pexels
Ini Gejala Depresi pada Diri Sendiri. Photo from Pexels

Jangan anggap remeh depresi. Kondisi kesehatan mental ini dapat membahayakan jiwa. Kenali gejala depresi yang terjadi pada diri sendiri dan orang lain, sehingga bisa mendapatkan pertolongan segera.

Gangguan kesehatan mental ini dapat diobati dengan terapi bicara, obat antidepresan, atau kombinasi keduanya. Jika ditangani dengan cepat, kerusakan pada mental dan fisik dapat dicegah.

Depresi merupakan gangguan mental yang paling umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan suasana hati yang terus menurun hingga putus asa dan hilang minat pada aktivitas.

Bukan sekadar kesedihan belaka, gangguan ini juga mengubah cara berpikir, mengganggu kemampuan bekerja, makan, tidur, dan menikmati hidup.

Sering kali, mereka yang terserang merasa tak bernyawa, kosong, dan apatis. Pria pada umumnya akan mudah marah dan gelisah.

Memahami penyebab dan mengenali gejala dapat menjadi langkah awal untuk memperbaiki kondisi kesehatan mental.

Berikut gejala depresi yang dapat terjadi pada diri sendiri dan juga orang lain, dikutip dari situs kesehatan mental internasional, Help Guide.

1. Perasaan tak berdaya atau putus asa

Putus asa membuat orang merasa tak memiliki harapan untuk menjadi lebih baik. Pandangan seolah suram dan meyakini tak ada yang bisa dilakukan untuk merubah situasi.

2. Hilang minat beraktivitas

Orang yang depresi acap kali kehilangan minat untuk beraktivitas. Anda tidak lagi peduli pada hobi, waktu senggang, aktivitas sosial, bahkan seksual. Orang depresi juga kehilangan kemampuan merasakan kesenangan dan sukacita.

3. Selera makan dan berat badan berubah

Perubahan yang signifikan pada berat badan baik bertambah atau berkurang bisa jadi salah satu gejala depresi. Penelitian mencatat perubahan lebih dari 5 persen dalam sebulan merupakan tanda depresi.

4. Perubahan tidur

Pola tidur juga ikut berubah seperti mengalami insomnia, bangun saat dini hari, atau tidur berlebihan.

5. Mudah marah

Mudah terganggu, gelisah, marah, dan sering kali kasar juga merupakan gejala depresi. Tingkat toleransi seseorang menurun. Mereka menjadi temperamen dan mudah mengamuk.

6. Kehilangan energi

Orang depresi juga merasa lelah, lamban, dan fisik pun terkuras. Seluruh tubuh umumnya merasa berat bahkan untuk melakukan hal-hal kecil.

7. Membenci diri sendiri

Kerap menyalahkan diri sendiri, merasa diri tidak berharga, dan membenci diri sendiri juga merupakan ciri dari depresi.

8. Perilaku berubah

Perilaku seseorang pun dapat berubah karena depresi. Mulai dari mencari pelarian diri seperti menyalahgunakan narkoba, berjudi, mengemudi ugal-ugalan, dan mengikuti olahraga berbahaya.

9. Masalah konsentrasi

Seseorang yang depresi mengalami kesulitan untuk fokus, membuat keputusan, dan mengingat sesuatu.

10. Sakit yang tak jelas

Meski depresi mengganggu kesehatan mental, ia juga dapat memengaruhi kesehatan fisik. Salah satu gejala ditandai dengan peningkatan keluhan fisik yang tak jelas penyebabnya seperti sakit kepala, sakit punggung, otot pegal, dan sakit perut.

Jika Anda mengalami gejala depresi ini, segera mencari pertolongan karena depresi dapat diobati.